Bagi sobat yang ingin mengetahui update Game Android terbaru join Grup Kami GABUNG DISINI Terima Kasih^^

Rankuman lengkap tentang maintenance hardware terbaru 2016


Rankuman lengkap tentang maintenance hardware terbaru 2016
Tugas kuliah rankuman lengkap tentang maintenance hardware


Rankuman lengkap tentang maintenance hardware Terbaru > Halo ini admin blog sedang galau galau gak tau mau nulis apa lagi di blog iseng iseng keingat tugas Maintenance Hardware belum selesai nah jadi sekarang saya akan mengerjakan sekaligus menjelaskan dan membahas tentang sedikit materi tentang maintenance hardware yang terdiri dari motherboard, processor, memory, hardisk, VGA, PSU, Monitor, Primter, USB. Ok untuk yang pertama saya akan membahas tentang Motherboard.

A.  Motherboard

mainboard
Contoh Motherboard atau Mainboard
Merupakan papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada computer, mempunyai jalur jalur sistematis menghubungkan dengan komponen lainnya motherboard sendiri biasa disebut juga Mainboard.

Fungsi dari masing – masing Komponen :


1. Soket Processor Pemasangan akan disesuaikan dengan jenis soket, setiap soket akan berbeda dan tergantung jenis processor yang akan di pasang.
2. Slot memori Berguna untuk memasang memori RAM pada PC  anda.    
3. Northbridge Komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara processor dengan system memory dan saluran utama motherboard.     
4. Southbridge Komponen yang berfungsi membantu northbridge     
5. Slot PCI Express x16 Slot khusus untuk kartu grafis VGA anda.     
6. Slot PCI Express x1 Digunakan untuk memasang slot kartu selain kartu grafis VGA anda.     
7. Slot AGP Slot VGA tipe lama yang sudah jarang berfungsi     
8. Slot PCI Slot umum namun dengan kecepatan dibawah slot AGP dan PCI Express.     
9. BIOS (Basic Input-Output System). Berfungsi dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi sebuah motherboard.    
10. Batrei CMOS Batrei yang mensupport/member daya pada BIOS ke system.    
11. Port SATA Berfungsi menghubungkan harddisk dengan computer.    
12. Port IDE Berfungsi sebagai media penyimpanan sebelum generasi SATA.    
13. Port Flopy Disk Berfungsi sebagai port untuk memasukkan flashdisk dan hal sejenisnya.    
14. Port Power Merupakan sumber daya computer.    
15. Back Panel Port yang terletak pada bagian belakang PC
16. Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.     
17. Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.     
18. Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.     
19. Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.      
20. Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.     
21. Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.      
22.  Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan    LAN.     
23. Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.     
24. Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

B . Processor

Pengertian Processor (Prosesor)

Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
Dibagi menjadi


Fungsi Processor (prosesor)

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Macam-macam Processor


1. Pentium Dual Core


adalah generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. Prosesor ini kinerjanya masih dibawah Core 2 Duo karena kecepatan FSB yang diturunkan dan juga L2 Cache yang dipotong. Model ini dapat memaksimalkan penggunaan core ke dua dari processor, dan sudah mempunyai pengecekan panas bagi inti processor ke-2, difabrikasi dengan ukuran chip pada die 90nm- 65nm.

Kelebihan :

harga cukup murah, performa masih cukup kencan namun masih di bawah performa dual core 2 duo
sangat mudah untuk di overlock

Kelemahan/Kekurangan :

masih menggunakan arsitektur netburst yg digunain core prescott.Yang akhirnya penyakit dari netburst juga ikut seperti boros daya,panas,nggak efisien,dsb. Performa yang tidak terlalu cepat , mudah blank bila melakukan multitasking

2. Core 2 Duo

adalah Generasi kedua dari arsitektur Core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil dan memiliki memori chace yang dipasang per core, tetapi terhubung satu sama lain. Diproduksi dengan fabrikasi 65 nm. Sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya (quad core).

Kelebihan:

Sangan mudah di overloock
mempunyai chace yang cukup besar yaitu 4 Mb
mempunyai Clock Speed 1,8 GHz up sampai 3 GHz
ringan dan tentunya performa cepat

Kelemahan :

mwmbuutuhkan operating system (OS) yang mampu mengoptimalkan kerjanya . Setidaknya kemampuan OS untuk mengoptimalkan SMP (symmetric multi-processing). Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini.

C. Memory
Memory merupakan bagian yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang harus dijaga baik baik. memori pula biasa disebut dengan storage merupakan media penyimpanan informasi saat menggunakan komputer ataupun memori HP juga.

Memory di computer ada macamnya seperti:
  • DDR 1
  • DDR 2
  • DDR 3
  • DDR 4 (yang terbaru)

D. Hardisk
Hardisk sendiri merupakan perangkat keras PC atau laptop yang berfungsi sebagai penyedia ruang untuk menyimpan data atau output dari proses menjalan yang dilakukan komputer ata laptop.

Macamnya sendiri ada 3:
  1. ATA / IDE
  2. SATA / Serial ATA
  3. SSD
E. VGA

Pengertian VGA
VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru,Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.

Fungsi VGA
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

1.Intel
VGA ini merupakan VGA default dari procie Intel, dan sudah terbilang kuat untuk digunakan game kelas Mainstream,, dan kekuatan utama dari VGA ini adalah Shadernya terbilang masi baru dan apabila aktif Anti Aliasing dan Anisotropicnya

2.ATi 
VGA ini bekerjasama dg prosesor AMD (Advanced Micro Devices) dan Bertipe Internal DAC tetapi sudah banyak diaplikasikan pada prosesor Intel, dan permasalahan yang sering dijumpai pada VGA ini bila digunakan untuk bermain game kelas Enthusiast VGA seri ini agak berat apabila diaplikasikan pada resolusi dan detail High

3.Nvidia
merk VGA ini sangat diminati karena VGA ini Bertipe Integrated RAMDAC (VGA dg RAM sudah Terpisah) dan karena VGA ini Bertipe Integrated jd kerja RAM dg VGA sudah terpisah sehingga mengefek pada kerja game juga meskipun anda aktifkan Resolusi Tinggi dan High Detail tidak ada masalah pada Game tersebut tetapi VGA ini mempunyai kelemahan yaitu mudah panas dan Shadernya terbilang agak kasar dan keunggulannya utk memainkan game pada VGA ini

F. CD/DVD Komputer/PC/Laptop
Ada 2 macam yaitu
  • Dvd Rw adalah data yang sudah disimpan didalamnya masih bisa dihapus atau diubah sedangkan,
  • Dvd room data yang tersimpan didalamnya permanent alias tidak bisa dihapus

G. PSU

Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

Macamnya sendiri ada 3:
  • Biasa
  • Bultup keuntungan komputer built up garansinya jadi 1 jadi kalau ada masalah cuma 1 tempat yg dituju kalau komputer rakitan tiap perangkat beda distributor kalau mau klaim garansi
  • Pure 
  • PSU pure adalah PSU yg mempunyai nilai efisiensi yg tinggi ( biasanya tertulis 80+ pada label tu PSU ) yang maksudnya adalah nih PSU bisa keluarin daya MENDEKATI yg tertulis pada label PSU. 

H. Monitor 
monitor yaitu perangkat keras alat output data grafis seperti CPU, monitor atau biasa disebut tampilan komputer yang biasanya bentuknya menyerupai tv ada pula yang berbentuk seperti tv lcd dan juga tv tabung.

Macam :
  • CRT (cathada ray tube)
  • LCD 
I. Printer
Adalah sebuah perangkat keras yang fungsinya adalah sebagai mesin media cetak jadi jika kita ingin Print suatu document atau undangan memerlukan yang namanya Printer. Contoh macam printer :
  • Printer Ink jet adalah printer yang biasa menggunakan media tinta cair dalam mencetak dan hasil dari printer tipe ini ditentukan oleh tinta yang digunakan
  • Printer Laser jet printer yang satu ini menggunakan tinta juga namun yang membedakan adalah tinta yang digunakan bukanlah tinta cair seperti yang digunakan Ink Jet dan media pencetak biasa disebut drum
  • Printer dot matrix adalah printer yang  menggunakan banyak titik yang saling terhubung mirip saat kita membuat gambar di Corel draw ya  kinerja mirip dengan mesin ketik bahkan mempunyai kelebihan dapat mencetak beberapa kertas sekaligus

J. USB (Universal serial bus)

USB 1.0
Spesifikasi data 1.5 Mbit/s (Low Bandwidth) dan 12 Mbit/s (Full Bandwidth)
Namun belum dapat diperpanjang atau dihubungkan dengan usb hub.

USB 2.0
  • menambahkan bandwitdh hingga 480 Mbit/s [60 MB/s] (disebut Hi-Speed). hasil modifikasi dari Engineering Change Notices (ECN). beberapa kemampuan yng ditambahkan ECN : Battery Charging Specification 1.1 (memungkinkan charge perangkat ke usb misal kamera digital/ handphone), Micro-USB Cables and Connectors Specification 1.01 (telah support dengan port us ukuran mikro seperti pada kameradigital/ handphone).

USB 3.0
  • Disebut dengan superspeed bus, terdiri dari 4 kriteria kecepatan transfer data yaitu : 5.0 Gbit/s,4 .0 Gbit/s,3.2 Gbit/s,0.4 Gbyte/s or 400 MByte/s)

Kelebihan usb 3.0

  • Tidak diperlukannya pasokan daya tambahan untuk penggunaan hard disk eksternal.
  • Suplai daya untuk perangkat USB 2.0 maksimal 500 mA, sementara untuk perangkat

Kekurangan usb 3.0
  • Usb 3.0 telah  mensupport semua kemampuan yang ditawarkan oleh UBS 1.0 dan USB 2.0. Namun, dengan kecepatan yang super ini sayangnya baru sedikit perangkat yang telah mensupport. Karena selain perangkat yang telah USB 3.0, Host controller atau PC juga harus dilengkapi USB 3.0 pula.
Ya itu saja informasi yang dapat saya jelaskan kepada para reader terimakasih sudah mampir di post ini sendiri meskipun admin yakin tidak semua orang membaca full informasi yang saya jelaskan di atas :v tapi maen copas aja biasakan taruh sumber jika bisa ya :3


Join Grup Facebook : |Grup Campur Game,Film,Anime Lama Dan Terbaru|

Contact Admin :
Facebook Admin : Lutvi Oktavian
Fanspage Admin : Stasiunapk


Ingin Lihat Lengkap Tutorial Atau Gameplay Game Silahkan
Subscribe Channel Youtube Admin : VicGaming

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rankuman lengkap tentang maintenance hardware terbaru 2016"

Post a Comment

Luangkan waktu sejenak untuk berkomentar meski post yang admin berikan ada kekurangan maupun tidak ;)